Pohon asam di utara masjid SMA N 2 Ngaglik

Asam jawa (Tamarindus indica) adalah pohon tropis besar yang selalu hijau, berasal dari Afrika Timur dan Madagaskar. Pohon ini telah lama dibudidayakan dan menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Asam jawa berasal dari Afrika Timur dan Madagaskar. Saat ini, asam jawa telah dibudidayakan di berbagai negara tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Asam jawa memiliki nama lain dalam berbagai bahasa, seperti tamarind (Inggris), tamarin (Perancis), asam (Jawa), dan asem (Sunda). Asam jawa dikenal dengan rasa asamnya yang khas dan banyak digunakan dalam masakan, minuman, dan pengobatan tradisional.Asam jawa merupakan salah satu bahan baku penting dalam masakan Indonesia, seperti sayur asam, asam jawa, dan pempek.

Klasifikasi Tumbuhan

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Fabales
Famili : Fabaceae
Genus : Tamarindus
Spesies : Tamarindus indica

Asam jawa memiliki ciri-ciri berupa pohonnya yang besar, dapat mencapai ketinggian 30 meter. Daun majemuk, dengan 10-20 pasang anak daun. Bunga kuning dengan bintik merah muda. Buah polong, berwarna coklat kehitaman saat matang, berisi daging buah asam dan biji.

Selain itu asam jawa dapat dimanfaatkan sebagai makanan, minuman, pengobatan tradisional, pemanfaatan kayu, dan daunnya. Sebagai masakan asam jawa daging buah asam jawa digunakan sebagai bumbu masakan untuk memberikan rasa asam, seperti pada sayur asam, asam jawa, dan pempek. Daging buah asam jawa dapat diolah menjadi sirup, jus, dan es cendol. Asam jawa dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti melancarkan pencernaan, menurunkan demam, dan meredakan batuk sebagai pengobatan tradisional. Kayu asam jawa keras dan tahan lama, sehingga dapat digunakan untuk membuat furniture dan kerajinan tangan. Terakhir, daun asam jawa dapat digunakan sebagai pakan ternak.

Kesimpulannya asam jawa adalah tanaman tropis yang bermanfaat bagi manusia dalam berbagai aspek, mulai dari masakan, minuman, pengobatan tradisional, hingga bahan baku kerajinan tangan.

 

Referensi: https://gemini.google.com

 

Penulis:

    • Alya Rizky Faizah 
    • Alzena Kenar Nareswari 
    • Atika Eri Artanti 
    • Latifah Sintya Laily 
    • Mahanani Nathaniela Dewi 
    • Nala Suci Ainun M 

Kelas X G – TA. 2023/2024