PENDAHULUAN

Tanaman Serai atau Cymbopogon citratus adalah tanaman yang sering ditanam oleh ibu-ibu karena mudah tumbuh dan memiliki berbagai macam manfaat. Tanaman Serai dapat digunakan dalam campuran minuman seperti wedang uwuh atau teh herbal yang dicampur lemon. Manfaat serai untuk kesehatan ada beberapa manfaat serai seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kolesterol dalam darah, meningkatkan kualitas tidur, dan menghilangkan rasa sakit.

KLASIFIKASI

Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Kelas : Monocotyledonae
Ordo : Poales
Famili : Poaceae
Genus : Cymbopogon
Spesies : Cymbopogon citratus

CIRI-CIRI MORFOLOGI

Tanaman serai memiliki akar yang besar. Akarnya merupakan akar serabut yang berimpang 8 9 pendek. Batang tanaman serai wangi bergerombol dan berumbi, lunak dan berongga. Isi batangnya merupakan pelepah umbi untuk pucuk dan berwarna putih kekuningan. Namun ada juga yang berwarna putih keunguan atau kemerahan. Batangnya bersifat kaku dan mudah patah serta tumbuh tegak lurus di atas tanah. Daun tanaman serai berwarna hijau tidak bertangkai. Daunnya kesat, panjang, runcing dan berbau khas. Daunnya memiliki tepi yang kasar dan tajam.

BERBAGAI MANFAAT

Manfaat dari serai wangi terkait dengan kandungan senyawa aktif di dalamnya yaitu minyak atsirinya. Minyak atsiri serai wangi memiliki banyak kandungan, salah satunya adalah sitronelal yang memiliki potensi untuk membunuh nyamuk. Serai wangi dapat digunakan pula sebagai bahan pestisida nabati dan tanaman konservasi serai wangi mempunyai perakaran serabut yang kuat sehingga banyak digunakan sebagai tanaman untuk vegetasi konservasi lahan miring dan tanaman pioneer pada lahan bekas tambang.

KESIMPULAN

Tanaman Serai atau Cymbopogon citratus adalah tanaman yang sering ditanam oleh Ibu-ibu karena mudah tumbuh dan memiliki berbagai macam manfaat. Tanaman serai memiliki akar yang besa. Batang tanaman serai wangi bergerombol dan berumbi. Daun tanaman serai berwarna hijau tidak bertangkai.Manfaat dari serai wangi terkait dengan kandungan senyawa aktif di dalamnya yaitu minyak atsirinya. Serai wangi dapat digunakan pula sebagai bahan pestisida nabati dan tanaman konservasi

 

 

REFERENSI:

https://e-journal.uajy.ac.id/8606/3/2BL01196.pdf

 

PENYUSUN
    • Aloysius Ryan
    • Benediktus Fajar¬†
    • Bernadus Adna
    • Ignatius Herlambang
    • Nabel Rajwa
    • Naufal Ridwan

Kelas X A – TA. 2023/2024