SMA N 2 Ngaglik telah lama menjadi salah satu lembaga pendidikan yang tidak hanya dikenal karena prestasi akademisnya yang gemilang, tetapi juga karena pesona alam dan budayanya yang khas. Salah satu ciri khas yang menonjol adalah pohon pucuk merah yang tersebar di seluruh area sekolah. Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih dalam tentang pesona pucuk merah.

KLASIFIKASI PUCUK MERAH

Kingdom : Plantae
Divisi : Tracheophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Myrtales
Genus : Syzygium
Spesies : Syzygium oleana

CIRI-CIRI PUCUK MERAH

Pucuk merah atau Syzygium oleana merupakan tanaman perdu yang diminati sebagai tanaman hias. Bentuk daunnya kecil dan memanjang menyerupai jarum membuat. Daun pucuk merah biasanya mengalami perubahan warna yaitu pada saat baru tumbuh berwarna merah menyala, kemudian berubah menjadi cokelat kemudian berubah lagi menjadi hijau. Daun tunggal berbentuk lancip, tangkai sangat pendek, tumbuh berhadapan dan permukaan daun bagian atas mengkilap. Panjang daun ± 6 cm dan lebar ± 2 cm dengan pertulangan daun menyirip.

MANFAAT PUCUK MERAH

Pucuk merah merupakan suatu tanaman perdu yang berdaun selalu hijau, kaya akan fenol, flavonoid antioksidan, dan asam betulinic. Senyawa-senyawa tersebut memiliki potensi untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari di berbagai industri seperti industri kosmetik dan parfum, industri makanan, industri farmasi. Selain dipergunakan dalam industri, minyak atsiri juga dimanfaatkan sebagai agens pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang menyerang berbagai tanaman. Namun, pada tanaman pucuk merah potensi ini perlu digali lebih lanjut.

Sebagai Keindahan Alam

Pucuk merah yang menjulang tinggi dan tersebar di seluruh taman SMA 2 Ngaglik memberikan pesona menyejukkan dan menenangkan bagi seluruh siswa, guru, karyawan dan tamu yang berada di sekolah.

Mendukung Program Adiwiyata

Dengan adanya pohon pucuk merah ini, membuat lingkungan sekolah menjadi lebih hijau yang mendukung kegiatan Adiwiyata.

Media Pendukung KBM

Dengan pohon pucuk merah ini, lingkungan sekolah menjadi lebih hijau serta sejuk, dan dapat menciptakan atmosfer belajar yang nyaman dan menyenangkan.

 

PENULIS
    • Bernadeta Larasati 
    • Nailah Iffa K. 
    • Putry Nur A.

Kelas X A – TA. 2023/2024