Pohon cemara di halaman upacara SMA N 2 Ngaglik

Cemara atau Casuarinaceae adalah famili tumbuhan yang terdiri dari sekitar 91 jenis tumbuhan dalam 4 genus.Sebagian besar suku ini terdapat di Belahan Bumi Selatan, terutama di wilayah tropis Dunia Lama, termasuk Indo-Malaysia, Australia, dan Kepulauan Pasifik.
Cemara sendiri merupakan tumbuhan hijau abadi yang sepintas lalu dapat disangka sebagai tusam karena rantingnya yang beruas pada dahan besar kelihatan seperti jarum, dan buahnya mirip runjung kecil. Namun kenyataannya pepohonan ini bukan termasuk gymnospermae, sehingga mempunyai bunga, baik jantan maupun betina. Bunga betina-nya tampak seperti berkas rambut, kecil dan kemerah-merahan.

KLASIFIKASI TUMBUHAN

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Ordo : Magnoliopsida
Kelas : Fegales
Famili : Casuarinaceae
Genus :
Spesies :

CIRI-CIRI MORFOLOGIS

Ciri khusus pohon Cemara adalah bentuk daunnya yang runcing mirip jarum. Bentuk daun pada pohon Cemara tersebut merupakan hasil adaptasinya terhadap lingkungan. Fungsi daun Cemara berbentuk runcing adalah agar penguapan bisa dikurangi sehingga Cemara tidak kehilangan banyak air. Ciri lain dari pohon cemara ialah Ranting pada pohon cemara cenderung beruas-ruas, Secara umum bentuk pohon cemara adalah mengerucut ke atas, Kulit kayu pada pohon cemara cenderung tebal, halus dan warnanya coklat gelap.

MANFAAT

  1. Menciptakan habitat makhluk hidup. Pohon ini menyediakan tempat berlindung dan makanan untuk makhluk hidup, seperti burung, serangga, mamalia, dan satwa lain, sehingga mendukung keanekaragaman hayati dan ekosistem yang sehat.
  2. Menyerap karbon dioksida. Cemara membantu menyaring udara dengan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Hal ini akan berkontribusi pada kualitas udara yang lebih baik.
  3. Mencegah erosi tanah. Berbekal akar tunggang yang strukturnya kuat, pohon cemara dapat membantu mencegah erosi dengan menjaga kepadatan tanah serta menahan air di dalamnya.
  4. Menahan angin. Pohon cemara banyak ditanam di sekitar kawasan pegunungan untuk mengurangi kecepatan angin. Hal ini membantu melindungi tanaman dan infrastruktur dari kerusakan akibat terpaan angin kencang.
  5. Menghias pekarangan. Cemara kerap menjadi pilihan tanaman untuk menghias taman atau pekarangan rumah. Pohon cemara juga sering digunakan sebagai dekorasi dalam perayaan Natal.
  6. Sumber bahan bakar. Kayu cemara memiliki tekstur padat, mudah terbakar, dan tidak menimbulkan banyak asap sehingga dapat dijadikan sebagai sumber kayu bakar bagi beberapa masyarakat Indonesia.
  7. Mengatasi diare. Kulit kayu cemara juga dipercaya memiliki manfaat untuk mengobati disentri, yakni penyakit infeksi usus yang menyebabkan diare disertai darah atau lendir.
  8. Menurunkan lemak dan gula darah. Air rebusan daun cemara kaya akan kandungan senyawa alami, seperti tanin, saponin, fenol, flavonoid, dan alkaloid. Senyawa alami ini diketahui memiliki efek dalam menurunkan kadar lemak (lipid) dan gula darah melalui pengujian pada objek tikus dengan diabetes.

Refrensi:

  • Admin. (2024). Cemara. https://id.wikipedia.org/wiki/Cemara Diakses pada Senin, 20 Mei 2024 jam 10.05 WIB.
  • Yuhan Al Khairi. (2020). Pohon Cemara, Manfaat dari Dekor Natal Hingga Sumber Energi. https://www.greeners.co/flora-fauna/pohon-cemara/ Diakses pada Senin, 20 Mei jam 10.03
  • Varlord . (2014). Apa Ciri Khusus Tumbuhan Cemara dan Fungsinya.  https://brainly.co.id/tugas/590774 Diakses pada Senin, 20 Mei jam 10.07
  • Admin. (2022). Manfaat Pohon Cemara untuk Kesehatan Manusia dan Lingkungan. https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/manfaat-pohon-cemara/ Diakses pada Senin, 20 Mei jam 10.21

Penulis:

  • Arif Fajar Wahyu
  • Bhisma Putraku Pradana
  • Devo Queza Perdana
  • Muhammad Afdhal Firansa
  • Navica Elyvia keisya
  • Zulfa Nur Alifa

Kelas X D – 2023/2024

Penyunting: Upik Laila Hanum, S.Pd.