Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan peserta didik beserta seluruh warga sekolah, Drs. Aris Sutardi, M.Sc, kepala SMA Negeri 2 Ngaglik, menggandeng Rumah Sakit Mitra Paramedika dalam hal pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah.

UKS sangat penting untuk dikembangkan mengingat peran UKS dalam mengelola Kesehatan warga sekolah selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Menurut Depkes RI (2006), Usaha Kesehatan Sekolah adalah wahana belajar mengajar untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat sehingga meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal, agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.  Pendidikan kesehatan juga diarahkan untuk membiasakan hidup sehat agar memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat serta aktif berpartisipasi dalam usaha kesehatan baik lingkungan sekolah, di lingkungan rumah tangga maupun lingkungan masyarakat. Untuk itu dengan menjalin kerja sama dengan RSU Mitra Paramedika, sekolah berharap dapat memberikan layanan dan pendidikan kesehatan yang lebih optimal kepada seluruh warga sekolah dengan demikian akan tercipta suasana kondusif yakni pembelajaran di sekolah yang sesuai dengan misi sekolah yakni menumbuhkan suasana dan semangat yang kondusif kepada peserta didik agar dapat mengembangkan kreatifitas secara optimal dalam meningkatkan mutu baik secara akademis maupun nonakademis dalam lingkup nasional maupun internasional.

Drs. Aris Sutardi, M.Sc menyatakan bahwa kerjasama dengan RSU Mitra Paramedika merupakan salah upaya dalam mewujudkan visi dan misi sekolah. Visi sekolah adalah, “Berakhlak mulia, bermutu, dan berwawasan global yang berbudaya”. Sekolah mengusahakan kesehatan sebagai salah satu pilar dalam mewujudkan insan yang bermutu. Melalui kesehatanlah peserta didik dapat menjalani kegiatan dengan baik dan optimal sehingga sekolah dapat mendampingi peserta didik menuju gerbang kesuksesan. ”Kesehatan merupakan salah satu faktor penting bagi kita untuk mencapai kesuksesan. Dengan jiwa raga yang sehat kita dapat menjalani kehidupan yang maksimal, tentunya juga didukung oleh sikap dan praktik spiritual yang baik,” jelas Drs. Aris Sutardi, M.Sc. dalam sambutannya di acara penandatanganan MoU.

RSU Mitra Paramedika merupakan sebuah rumah sakit swasta yang bernaung di bawah Badan Hukum Yayasan Mitra Paramedika. beralamat di Jalan Raya Ngemplak, Kemasan, Widodomartani, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Lokasi tersebut sangat stategis untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan penanganan medis dengan segera, terutama warga SMAN 2 Ngaglik yang hanya berjarak 2,9 km dari rumah sakit. RSU Mitra Paramedika berdiri sejak 6 Maret 2002 dan telah terbukti memberikan layanan terbaik bagi masyarakat sekitar. Terkait dengan kebutuhan sekolah dan lokasi serta kredibilitas RSU Mitra Paramedika, maka SMA Negeri 2 Ngaglik mengandeng RSU Mitra Paramedika dalam memberikan layanan medis bagi peserta didik dan warga sekolah.

Penandatanganan MoU kedua belah pihak ditandangani oleh Bapak Kepala Sekolah, Drs. Aris sutardi, M.Sc dan direktur RSU Mitra Paramedika, DR. Ichsan Priyotomo, M.K.M, CPHM pada hari Kamis, tanggal 10 Agustus 2023 bertempat di SMA Negeri 2 Ngaglik. MoU berisi kerjasama pengelolaan UKS, pembinaan dan pelatihan pengurus PMR, serta penyuluhan Kesehatan bagi peserta didik dan warga sekolah. Disamping itu juga membantu pengadaan obat-obatan yang dibutuhkan warga sekolah serta penunjang medis.

Untuk pengelolaan UKS dijalin kerjasama dalam hal pengadaan tenaga kesehatan, yaitu para dokter yang bertugas memberikan pelayanan pemeriksaan medis sebanyak dua kali dalam satu minggu. Kunjungan dokter dilakukan pada hari Senin dan Kamis, pukul 10.00 sampai 14.00. Para peserta didik telah memperoleh layanan kesehatan sejak bulan Juli 2023. Untuk kerjasama terkait pembinaan dan pelatihan pengurus PMR, dilakukan sebanyak 4 kali dalam sebulan yang menjadi bagian dari kegiatan ekstrakulikuler sekolah. Para anggota PMR dibekali berbagai keterampilan bantuan hidup dasar seperti cara menggunaan tensi meter, menangani henti jantung, merawat luka, mengecek tanda vital, menangani tersedak dan lain sebagainya. Dengan kerja sama ini diharapkan para anggota PMR mampu melakukan bantuan hidup dasar saat menemukan kejadian yang membutuhkan keterampilan tersebut mengingat peran PMR dan urgennya ketrampilan ini, maka diharapkan kerja sama sekolah dengan RSU Mitra Paramedika  akan terus berkelanjutan dan bermanfaat.

 

 

Penulis: Rayung Widayati (RyW)

Editor: Dra. Susi Purwani, S.Pd