Kegiatan pesantren ramadan di SMA Negeri 2 Ngaglik diberikan untuk siswa kelas X dan XI di bulan ramadhan dengan memberikan bekal materi pendidikan agama Islam. Kegiatan ini bertujuan membentuk pribadi religius dengan menanamkan nilai-nilai religi dan penguatan karakter siswa menjadi generasi yang memiliki semangat kedalaman spiritual dan kepribadian Islami.

Kegiatan pesantren ramadan di SMA Negeri 2 Ngaglik dilaksanakan dengan menaati protokol kesehatan pemerintah. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 hari, tanggal 26 April 2022 untuk peserta didik laki-laki, dan 27 April 2022 untuk peserta didik perempuan.

Kegiatan ini dibuka pada tanggal 26 April 2022 di sekolah dengan diikuti oleh para peserta didik kelas X dan XI dan dikoordinasi oleh guru-guru pendidikan agama Islam (PAI) serta wali kelas serta Bapak Ibu guru yang ditunjuk.

Berikut ini adalah materi pesantren Ramadan SMAN 2 Ngaglik. (1) Tauhid, (2) Akhlak (adab terhadap guru, orang tua, dan teman), (3) Fiqih (hukum salat dan praktik salat)