Tanaman Kaliandra di Area Lapangan Upacara SMA Negeri 2 Ngaglik

Kaliandra merupakan salah satu leuguminosa pohon atau semak yang memiliki beberapa spesies, satu diantaranya yang paling banyak dikenal adalah jenis kaliandra bunga merah (Calliandra calothyrsus). Kaliandra termasuk dalam familia Leguminoseae dan sub familia Mimosaceae (Palmer dan Ibrahim, 1996). (Hidayat et. al., 2006) menyatakan bahwa kaliandra adalah pohon kecil bercabang, tinggi maksimum 12 meter, diameter batang maksimum 20 cm, kulit batang berwarna merah atau abu-abu, ke arah pucuk batang cenderung bergerigi. Perakaran terdiri atas beberapa akar tunggang, akar lebih halus dan jumlahnya sangat banyak, memanjang sampai kepermukaan tahun. Kaliandra mempunyai daun yang lunak terbagi menjadi daun-daun yang keeil. Panjang daun utama mencapai 20 cm, lebarnya mencapai 15 cm.

Banyak spesies Kaliandra yang terdapat di Indonesia antara lain adalah C. calothyrsusdan C. surinamensis. Jenis C. surinamensis banyak ditanam di samping rumah sebagai tanaman hias. C. calothyrsus yang berbunga merah merupakan jenis dengan sebaran alami dari Mexico sampai Panama ini menunjukkan penampilan yang sangat bagus di Indonesia sebagai jenis multi guna. C. calothyrsus memiliki banyak kegunaan yaitu untuk kayu energi, pakan ternak, pengontrol erosi, perbaikan tanah karena kemampuannya mengikat nitrogen dan memproduksi seresah, penahan api, serta bunganya yang bagus juga menyebabkan jenis ini ditanam sebagai penghias jalan dan sumber nektar bagi lebah (Rina dan Nur, 2014).

 

KLASIFIKASI TUMBUHAN KALIANDRA

Kingdom : Plantae
Divisi : Tracheophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Fabales
Famili : Fabaceae
Genus : Calliandra
Spesies : Calliandra claothysus

 

 

CIRI CIRI TUMBUHAN KALIANDRA

Batang: Pertumbuhan kaliandra merah terbilang sangat cepat dengan tinggi maksimal mencapai 12 meter. Diameter batangnya rerata berkisar 20 cm, dengan warna kulit merah atau abu-abu.

Akar: Sistem perakaran terdiri atas akar tunjang dan beberapa akar halus yang berbiak sampai ke luar permukaan tanah. Ukuran daun relatif kecil, bertekstur lunak serta berwarna hijau tua.

Daun: Panjang daun tersebut mencapai 20 cm dengan lebar 15 cm. Seperti tanaman Leguminosae pada umumnya, daun-daun kaliandra merah akan melipat ke arah batang saat malam hari.

Bunga: Memiliki benang putih serta merah pada bagian ujungnya.

 

MANFAAT DARI TUMBUHAN KALIANDRA

Menahan erosi

Pohon kaliandra memiliki manfaat dan tahan untuk menahan erosi. Erosi merupakan pengikisan lapisan tanah yang terjadi akibat longsor dan banjir.

Makanan ternak

Adapun pohon kaliandra dapat dijadikan sebagai makanan ternak adalah daunnya. Daun kaliandra mudah berguguran sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber makanan ternak Anda.

Humus tanah

Daun kaliandra yang jatuh ketanah dan dibiarkan terurai secara alami dapat menjadi humus tanah yang baik bagi tanaman. Jadi tidak ada salahnya menanam tanaman dan memupuknya dengan menggunakan daun kaliandra.

Perbaiki struktur tanah

Keberadaan pohon kaliandra ini sebagai salah satu tanaman yang ditanam diatas tanah menjadikan tanah yang berada dibawahnya menjadi baik, baik dalam struktur tanah sehingga membuat tanaman lain yang berada di sekitarnya menjadi tumbuh subur.

Memberantas tanaman liar

Manfaat pohon kaliandra yang kelima adalah untuk memberantas tanaman liar. Tanaman liar disini seperti rumput yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman lainnya. Meskipun manfaat tanaman liar dapat dijadikan sebagai alang – alang. Namun pertumbuhan tanaman liar yang tidak terkendali dapat mengakibatkan terganggunya suatu ekosistem di tempat tersebut. Dan keberadaan pohon kaliandra ini diharapkan dapat membantu memberantas tanaman liar yang ada.

Tanaman hias

Pohon kaliandra juga memiliki bunga yang indah. Dan jika sudah ada bunganya pohon kaliandra ini akan tampak sangat cantik sekali sehingga dapat membantu menjadikan perkarangan rumah enak di padang mata. Warna bunganya merah dan memiliki bentuk menyerupai kapas putri raja.

 

SUMBER REFERENSI
  • https://tepakyang.kec-adimulyo.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/4/374
  • https://tepakyang.kec-adimulyo.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/4/374#:~:text=Kaliandra%20merupakan%20salah%20satu%20leuguminosa,Palmer%20dan%20Ibrahim%2C%201996)
PENULIS
  • ZAHRATUSSITA NUR ALIFA
  • SUCI RAHMAWATI
  • RAHMA FITANAYA ARDANA
  • KHARISA NAYA FAIZAH
  • DAMAR PULUNG PORSANHA

Kelas X C – TA. 2023/2024