Tanaman Sinyo Nakal di Depan Kelas XI SMA Negeri 2 Ngaglik

Tanaman Sinyo Nakal atau yang memiliki nama latin Duranta erecta ini memiliki bunga berwarna ungu yang indah serta memiliki buah yang mirip seperti buah berry berwarna kuning/orange. Tanaman ini merupakan tanaman perdu yang biasa dimanfaatkan sebagai pagar hidup. Selain itu ternyata tanaman ini juga memiliki manfaat sebagai obat malaria, pereda radang, dan masih banyak lainnya. Mari kita gali lebih dalam lagi tentang ciri-ciri, morfologi, serta manfaat yang beragam dari tanaman Sinyo Nakal.

KLASIFIKASI TANAMAN SINYO NAKAL

Kingdom : Plantae
Sub Kingdom : Tracheobionta
Super Divisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Sub Kelas : Asteridae
Ordo : Lamiales
Famili : Verbenaceae
Genus : Duranta
Spesies : Duranta erecta

CIRI-CIRI MORFOLOGI

Sinyo nakal memiliki daun tersusun berhadapan dengan tangkai yang pendek dengan panjang hingga 1 cm. Daun berbentuk oval atau bulat telur. Tepi daun umumnya rata namun terkadang bergerigi. Terdapat rambut halus pada permukaan daun saat muda, namun menjadi hairless saat sudah dewasa. Bunga umumnya biru/ungu dengan tangkai yang pendek (9-18 mm). Setiap bunga memiliki tube dengan panjang 1 cm yang tersusun atas mahkota yang berlekatan. Tiap bunga memiliki kelopak berwarna hijau berjumlah 5 helai dengan panjang 3-7 mm. Buah berbentuk bulat seperti berry, permukaan buah gossy, berwarna hijau saat belum matang dan akan berwarna kuning atau orange saat matang.

BERBAGAI MANFAAT

Sinyo nakal mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Buahnya mengandung saponin dan flavonoid yang bisa digunakan sebagai obat malaria. Daunnya mengandung saponin dan tanin yang bisa digunakan sebagai pelancar peredaran dan obat anti radang. Manfaat lainnya sebagai tanaman penghalang untuk pagar halaman rumah yang berada di kawasan industri/yang dilalui jalan berdebu, mampu menyerap debu. Butiran halus kotoran akan menempel pada daun yang kemudian luruh saat diguyur hujan, juga mampu sebagai peredam suara, karena bentuk gelombang suara yang melingkar vertikal dan horisontal seperti bola akan terhambat jalannya oleh daun perdu yang relatif rapat.

 

Jadi, tanaman Sinyo Nakal dengan nama ilmiah Duranta erecta adalah tanaman hias yang memiliki berbagai manfaat salah satunya bisa digunakan untuk obat malaria. Namun, tanaman ini memiliki daun dan berry yang beracun bagi manusia dan hewan jika dimakan. Disarankan menanam Sinyo Nakal sebagai tanaman hias agar lingkungan menjadi lebih indah.

 

REFERENSI
  • https://plantamor.com/species/info/duranta/erecta
  • https://ayoketaman.com/web/pohon/VWZEeFUrSEZ1ZldGOUp0RjY1ZVkvQT09
  • https://pusakapusaka.com/manfaat-tanaman-sinyo-nakal-untuk-kesehatan.html
PENYUSUN
  • Brigita Vania Cintyaningtyas 
  • Delicia Klaresta Setya Kumala Dewi 
  • Elleanora Gina Chintiya Chayadiani 
  • Rarasti Dian Pratiwi 
  • Rista Dwi Rahayu 
  • Syifa Nur Rahmadhani 

Kelas X A – TA. 2023/2024